Ziarah

             Pengalaman Berjiarah,setiap tahunnya,nampaknya tidak pernah berubah: ketika kita selalu mendampingi orang2 yg  pergi berziarah saat2 hari kematian Yesus menjelang Paskah Raya,umat Kristiani yg pergi jiarah ke kuburan itu,masih menganggapnya sebagai Tradisi yang bernuansa ideologi Agama Batak,yaitu memberi sesajen,( membawa Bir,membakar rokok2 mahal ) menagisi kepergian orang2 mati,mohon berkat/doa arang mati,dan banyak lagi.  ketika kita menjelaskan apa sebenarnya arti berjiarah yang kita lakukan pergi kekuburan,seakan semua itu adalah penghalang,bagi interaksi,pengamalan mereka,utk menghormati keluarga yg telah lebih dahulu meninggalkan semuanya.
              Usaha2 mencegah itu sudah banyak kita lakukan,seperti mengingatkan mereka,melakukan pendampingan,mengarahkan upacara dst,tetapi belum menuai harapan yg maksimal.lalu kita berfikir,apakah kedewasaan iman yang memang sama sekali tidak bertumbuh,atau pendidikan Agama mereka yang sangat minim,atau menjadi orang Kristen itu adalah hannya sebagi pelengkap kehidupan? semua pertanyaan ini harusnya menjadi pertimbangan/pergumulan Gereja kedepan,utk menjadi bahan evaluasi akan mutu ke Kristenan umat kristen itu sendiri.Maka Gereja harusnya  mengangkat masalah ini,utk menjadi thema pengajaran yg sekaligus pengawasan Gereja utk meningkatkan Pembinaan Pastoral demi menjaga kebenaran ajaran Kekristenan yang sekaligus mengawal iman kekristenan umat utk tidak tercecer,kasihan mereka yang masih ber iman ganda.
              Dahulu semasih,saya sebagi Guru jemaat Angkatan,pengawasan,arahan ini selalu kita lakukan lewat warta gereja,yaitu mengingatkan mereka jika pergi Berjiarah ke kuburan utk tdk melakukan hal2 yang menimpang dari ajaran agama kristen,semasa itu,himbauan itu banyak di pertimbangkan jemaat,dengan bersama2,pergi berjiarah dan Doa di Pandu Sintua,nampaknya cara klasik ini,salah satu upaya yang Gereja harus lakukan,demi menghindarkan penyimpangan2 tersebut di atas.

 Kutipan Sebagai Pertimbangan dalam hal Ziarah di kutip dari Kompasiana

Kebiasaan Ziarah Makam pada Umat Kristen - Katolik

OPINI | 24 December 2012 | 09:03 Dibaca: 379   Komentar: 1   Nihil
13553738622039435052
koleksi jappypellokila.8m.net
Anda pasti sudah pahami maksud Ziarah Makam atau Kubur, yaitu mengunjungi makam orang tua, kerabat, sahabat, dan lain-lain, kemudian menabur bunga, dan lain sebagainya.
Kebiasaan ziarah ke makam juga (sering) dilakukan oleh Orang Kristen, umat Kristen yang belatar etnis Timor/NTT, Minahasa, Maluku, dan juga pada Suku Batak yang beragama Kristen.
Secara khusus, pada orang-orang NTT (di NTT maupun diaspora), biasa melakukan ziarah ke makam pada waktu tanggal penting dari almarhum/ah, misalnya tanggal kelahiran dan kematian.
Mereka yang ada di NTT, dan relatif dekat dengan makam orang tua dan kerabat, maka ziarah ke makam,  merupakan suat kebiasan, bahkan cenderung sebagai kewajiban; hal tersebut mungkin sama pada suku-suku lainnya.
Khususnya, menjelang Hari Natal, tanggal 24 Desember, maka jika anda ada di Kuoang, maka sepanjang hari ini, semua pemakaman di sekitar Kota Kupang, ramai bagaikan pasar malam dadakan; karena ada semacam kewajiban, sebelum merayakan Natal, harus sowan ke orang tua. Dengan itu, bukan saja rumah di cat ulang dan tampak barang-barang baru, namun makam orang tua pun, dibersihkan, diberi bunga-bunga, lilin dan lain sebagainya.
Bagaimana dengan mereka yang diaspora, yang jauh  dari makam orang tua!? ada warisan kebiasaan yang tak terlupakan, yaitu menabur bunga (yang biasanya di tabur ada makam) di perempatan atau pertigaan jalan; dan itu sebagai lambang bahwa yang menabur tersebut telah ikut berziarah.
Nah …
Walaupun ziarah ke makam (terutama pada Kristen Protestan serta mazhab atau sekte-sekte Kristen lainnya), tidak dilakukan (membaca) doa arwah, pujian/nyanyian; namun ada juga orang-orang usia lanjut yang masih suka menabur bunga dan minyak wangi di atas makan sambil bicara dengan/kepada yang ada di dalam kubur.
Memang dalam/pada umat Kristen Protestan serta mazhab atau sekte-sekte Kristen lainnya, tidak ada larangan untuk ziarah ke makam, namun juga tak ada perintah untuk ziarah ke makam.
Karena tidak ada larangan dan perintah tersebut, maka mereka yang berziarah ke makam pun, bisa melakukan ini - itu, tetapi tidak ada doa atau bercakap-cakap dengan yang telah meninggal, [karena menurut iman Kristen, ada batasan yang jelas antar hidup dan kematian; masing-masing telah terpisah, dan nanti hanya bisa disatukan pada akhir zaman].
Jadi, ziarah ke makam, pada umat Kristen (yang tanpa doa-doa) serta Katolik (dengaan atau ada doa-doa), terutama Kristen, umumnya merupakan warisan budaya - kebiasaan lama yang masih dipertahankan.
Untuk setiap umatat Kristen, yang melakukan ziarah ke makam, mempuunyai satu kesamaan pandangan, yaitu merupakan tanda dan lambang menghormati dan penghormatan ke/pada mereka yang telah lebih dipanggil oleh Sang Empunya Hidup dan Kehidupan.
1356337310208296441
koleksi pribadi, pada waktu ziarah di makam ayah - ibu
 

selamat Paskah 2013

Salam Paskah 2013

 

Doa dan Kehidupan di Dalam Kristus

Doa dan Kehidupan di Dalam Kristus

Tolong! (Mazmur 31)
Sungguh aneh dan menyedihkan, banyak orang Kristen berpendapat bahwa dengan berdiam diri sambil merenung tentang Allah merupakan suatu bentuk doa yang lebih baik daripada mengajukan permohonan-permohonan kepada Allah. Luther telah lama membuang pikiran semacam itu karena ia melihat bahwa tidak ada aktivitas yang sebegitu menghormati Allah daripada membawa kebutuhan-kebutuhan kita kepada-Nya dan meminta pertolongan-Nya. Melalui tindakan itu, kita mengakui bahwa kita tidak mampu hidup mandiri serta mencukupi segala kebutuhan kita sendiri, dan kita senantiasa bergantung kepada-Nya untuk segala sesuatu yang kita perlukan. Meskipun hal ini acap kali berlawanan dengan yang suka kita pikirkan, yaitu kita suka mandiri dan kurang bergantung kepada Tuhan. Alkitab memperlihatkan bahwa semua doa yang benar mengandung suatu jeritan permintaan tolong. Sering kali, doa-doa kita lebih dari hal ini dan tidak pernah berkurang, sebab kebutuhan dan ketergantungan kita kepada Tuhan tidak berubah. Doa yang sejati lahir dari kebutuhan kita.
Kesakitan, tekanan mental, dan perasaan sendiri karena banyak orang memusuhi, semuanya mendorong kita untuk datang kepada Tuhan dan menyerahkan ketidakberdayaan serta kebutuhan kita kepada-Nya. Karena itu, kebanyakan doa yang terdapat dalam "buku doa Allah" (kitab Mazmur) berbentuk jeritan permintaan tolong yang timbul dari pengalaman-pengalaman seperti ini (23, baca juga: Mazmur 3, 6, 22, 23, 25, 30, 35, 38, 41-43, 55-57, 59, 62, 64, 69-71, 77, 88, 102, 109, 120, 142, 143). Mazmur 31 dapat dipakai sebagai contoh untuk menggambarkan dua pelajaran dasar tentang berapa banyak kita perlu berdoa dan betapa beruntungnya kita memunyai Allah yang mendengarkan doa-doa kita.
Perhatikan hubungan perjanjian yang diutarakan dalam permohonan-permohonan doa Daud. Sepuluh kali ia memanggil Allah dengan menyebutkan nama perjanjian-Nya, Yahweh, TUHAN. Ia memanggil-Nya: Allahku, gunung batu, kubu pertahanan, tempat perlindunganku (3, 14) dan dirinya sendiri "hamba-Mu" (17). Kata ganti orang yang dipakai di sini bersifat pribadi dan merupakan bahasa perjanjian antara Allah dan manusia, menandakan perjanjian timbal balik antara kedua pihak. Pemazmur meminta Allah, pembebas yang setia (6)untuk menyelamatkannya (2, 17, dst.) dalam kebenaran-Nya -- yakni kesetiaan-Nya kepada janji-Nya (1), dalam kasih setia-Nya yang tak pernah berubah -- yakni belas kasihan yang terus-menerus diberikan-Nya di dalam perjanjian (16) dan demi nama-Nya -- sebab Ia adalah Yahweh, Allah perjanjian yang dimiliki Daud (13).
Perhatikan keyakinan teguh yang diungkapkan Daud di dalam doa-doanya. Daud menyadari bahwa seluruh hidupnya berada di tangan Allah (16). Oleh sebab itu, ia percaya dan berseru kepada Allah (6, 14, 17) untuk menyelamatkannya dari kesengsaraannya (10, dst.) dan dari kebencian orang-orang di sekitarnya (912, 14, 16, 21, dst.). Daud yakin bahwa Allah yang pada masa lampau telah menolongnya (8, 22, dst.) mampu dan akan menolongnya lagi. Dia menganjurkan agar orang-orang kudus lain juga "berharap kepada Tuhan" dan "menantikan Tuhan" (25) sebagaimana yang ia lakukan. Perjanjian Allah merupakan dasar keyakinannya.
Anak Allah yang telah menjelma menjadi manusia, manusia yang sempurna, adalah seorang pendoa. Sebagian dari ayat 6 merupakan doa-Nya yang diucapkan ketika Ia akan mati (Lukas 23:46). Dapat dipastikan bahwa seluruh isi Mazmur ini tersimpan di dalam hati-Nya, dan seharusnya tersimpan juga di dalam hati kita.
Bapa (Lukas 11:1-13)
Kepentingan berdoa, seperti yang dirasakan para murid Yesus ketika mereka meminta Yesus mengajar berdoa, dijelaskan oleh jawaban Yesus. Alasan pertama untuk berdoa adalah keperluan-keperluan kita. Bila kita meminta, kita menerima (9, 13). Mereka yang tidak meminta tidak memiliki (Yakobus 4:2). Alasan kedua, yang sifatnya lebih mendasar, adalah hubungan kita dengan Allah. Kita harus berpikir tentang Allah dan berdoa kepada-Nya, sebagai Bapa surgawi kita (2, 11, dst.), sebab Ia telah mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya di dalam Kristus (Yohanes 1:12). Sebagaimana para ayah mengingini anak-anak mereka memiliki kerinduan yang besar untuk saling berhubungan. Dia telah menciptakan dan membebaskan kita dari dosa agar kita dapat mengenal, mengasihi, dan menikmati persekutuan dengan-Nya. Jadi, alasan pokok yang membuat Allah menuntut kita datang ke hadapan-Nya dalam doa adalah supaya kita dapat lebih mengenal-Nya. Kita sepatutnya menyadari bahwa Sang Pemberi lebih penting daripada pemberian-pemberian-Nya. Pemberian-pemberian tersebut diberikan kepada kita agar hubungan kita dengan Sang Pemberi menjadi lebih erat. Setiap pengalaman terjawabnya doa-doa kita seharusnya makin mempererat persekutuan kita dengan Allah.
Doa Tuhan Yesus di sini lebih singkat dengan yang ditulis di Matius 6:9-13, merupakan jawaban yang lengkap bagi permintaan murid-murid-Nya karena doa ini merupakan pola yang sempurna untuk semua doa orang Kristen. Allah harus diutamakan. Kita harus meminta untuk kebutuhan material dan rohani kita (3, dst.) sebagai sarana untuk mendapatkan yang lebih lagi, yaitu kekudusan nama-Nya dan kedatangan kerajaan-Nya (2). Singkatnya, kita harus menyadari bahwa Ia hanya akan menjawab doa-doa yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan kita yang benar-benar dapat membawa kemuliaan bagi nama-Nya. "Makanan kami yang secukupnya" menunjuk pada kebutuhan material; pengampunan dan perlindungan (pencobaan berarti suatu ujian yang menunjukkan kelemahan kita) menunjuk pada semua kebutuhan rohani. Perhatikan bahwa ayat 5-8 berkaitan langsung dengan permintaan sebelumnya, dan ayat 11-13 dengan permintaan yang selanjutnya.
Bagaimana seharusnya kita berdoa? Segera karena kebutuhan kita amat mendesak. Dan dengan pengharapan karena Bapa Surgawi kita baik. Ini adalah pokok pikiran yang dikemukakan dalam perumpamaan-perumpamaan (dalam bahasa Yunani perumpamaan = perbandingan) dalam ayat 5-13).
Perhatikan doa yang tidak terjawab dalam ayat 11 dst.. Jika seorang anak meminta seekor ular atau seekor kalajengking (sesuatu yang buruk baginya), apakah ayahnya tidak akan memberikan seekor ikan atau sebutir telur kepadanya (sesuatu yang baik baginya)? Bapa memunyai hak untuk memberikan yang terbaik dan menjawab doa-doa yang seharusnya kita panjatkan. Bilamana doa-doa kita salah, 2 Korintus 12:7-10 memperlihatkan bagaimana Allah menjawab dengan baik.
Bersama-Sama (Kisah Para Rasul 4:23-31)
Tak perlu diragukan lagi orang-orang Kristen pertama telah mengadakan persekutuan doa sebelumnya (1:14, 2: 42, 46). Tetapi baru dalam bagian ini diceritakan kepada kita.
Persekutuan doa yang "bebas" merupakan bentuk dasar dari persekutuan Kristen. Bersama-sama berbicara kepada Allah, sebagaimana yang dilakukan oleh jemaat mula-mula ini (24), seharusnya berlangsung secara wajar dan spontan. Seperti halnya bila dua orang bercakap-cakap. Berdoa bersama bagi kebutuhan masing-masing harus senantiasa menjadi bagian dari pola persekutuan yang dipraktikkan oleh gereja agar umat Allah bisa saling mendukung dan menolong (29; 12:5; Efesus 6:18-20). Hati yang dipadukan dalam berdoa dan kemudian dalam puji- pujian bersama ketika doa kita terjawab merupakan kesukaan Allah (2 Korintus 1:11). Yesus berjanji bahwa perhatian khusus akan diberikan pada doa-doa yang dipanjatkan dari dua orang Kristen yang sehati sepikir (Matius 18:19). Berdoa bersama adalah tugas orang Kristen dan sepatutnya menjadi kesukaan orang Kristen.
Persekutuan doa khusus ini dan doa-doa yang dinaikkan oleh orang-orang Kristen saat itu, merupakan suatu reaksi dari aksi ancaman-ancaman para pejabat yang berkuasa pada waktu itu (21). Seperti dalam doa-doa yang alkitabiah, mereka mendasarkan doa mereka pada kenyataan kedaulatan Allah sebagai Pencipta dan Tuhan dari segala sesuatu (24, 28) dan pada Roh Kudus yang telah memberikan penyataan yang mewujud dalam Kitab Suci (25-27) -- dalam hal ini Roh Kudus menyatakan bahwa penguasa-penguasa dunia ini senantiasa menentang raja yang telah Allah urapi (Mazmur 2:1, dst.). Mereka tidak berdoa agar situasi yang mereka hadapi berubah, melainkan agar mereka mendapat kekuatan untuk dapat hidup dan melayani Allah di dalam situasi tersebut. Oleh sebab itu, mereka tidak minta Allah meredakan ancaman-ancaman yang dilontarkan kepada mereka atau membuka jalan bagi mereka untuk meninggalkan Yerusalem. Melainkan agar Allah mengaruniakan keberanian kepada mereka untuk memberitakan firman-Nya walaupun mereka ditentang. Dan agar Allah mengulurkan tangan-Nya untuk meneguhkan kesaksian mereka tentang ketuhanan Yesus melalui tanda-tanda ajaib seperti pada waktu orang lumpuh di Gerbang Indah Bait Allah disembuhkan (29, dst.; 3:1-10). Mereka tidak memikirkan keselamatan diri mereka sendiri, melainkan kepentingan Allah. "Jadilah kehendak-Mu, datanglah Kerajaan-Mu".
Doa ini benar, dan doa ini terjawab dengan begitu indahnya. Sehingga seolah-olah Pentakosta terulang lagi! Mereka merasakan tempat mereka berkumpul bergoyang. Ini tanda kekuatan Ilahi telah dicurahkan ke atas mereka, dan kuasa Roh Kudus bekerja dengan dahsyat di dalam diri mereka. Mereka bersaksi dengan berani, sebagaimana telah mereka minta dan inginkan (31). Doa agar kita diberi keberanian untuk bersaksi akan selalu mendapat jawaban yang positif, beranikah kita berdoa seperti ini?
Nama-Nya dan Kehendak-Nya (Yohanes 16:23-27; 1 Yohanes 5:13-17)
Kedua bagian Alkitab ini mengandung makna yang dalam dan sulit ditangkap karena keduanya mengajarkan kita lebih mendalami kenyataan-kenyataan doa yang lebih jauh lagi.
Keduanya menunjukkan adanya pengalaman doa yang istimewa yang Bapa surgawi inginkan terjadi pada kita, tentu bukan kenikmatan yang bersifat mistik, akan tetapi pengalaman yang membuat sukacita (beberapa dapat menikmati, banyak orang tak mengalami). Sukacita karena kita menerima apa yang kita minta. Namun kita hanya dapat menemukan sukacita ini kalau kita belajar meminta dengan benar. Tujuan dari doa bukanlah untuk memaksa tangan Allah atau membuat-Nya melakukan kehendak kita yang bertentangan dengan kehendak-Nya. Melainkan untuk memperdalam pengenalan kita akan Dia dan persekutuan kita dengan-Nya. Dengan cara merenungkan kemuliaan-Nya, mengakui ketergantungan dan kebutuhan kita, dan secara sadar menghayati maksud-maksud-Nya. Oleh sebab itu, permintaan kita harus sesuai dengan kehendak Allah (1 Yohanes 5 :14), dan dinaikkan di dalam nama Yesus (Yohanes 16, 23 dst.; 14:13; 15:7, 16). Jadi, doa kita harus menyatakan pengetahuan kita akan kasih karunia dan tujuan-tujuan Allah.
Dasar dari permintaan semacam itu adalah iman yang pasti. Iman yang dialaskan pada hari itu (Yohanes 16:23), yaitu hari ketika Yesus bangkit dan dinobatkan kembali ke surga, dan Roh Kudus datang untuk memberikan "pengertian" kepada manusia agar dapat mengenal Allah dan kehidupan kekal (1 Yohanes 5 :20, 13). Roh Kudus juga meyakinkan manusia bahwa kasih yang mereka lihat di dalam diri Yesus juga merupakan kasih Bapa kepada mereka (Yohanes 16:27). Pada hari itu, ketika Tuhan Yesus mengajar mereka melalui Roh Kudus secara "terus terang" tentang Bapa (25), tidak akan muncul lagi pertanyaan tentang apakah murid-murid harus mendapat dukungan Yesus dalam doa-doa mereka, seolah-olah Yesus lebih murah hati dari Bapa dan dapat memengaruhi Bapa pada hal-hal yang tidak dapat dilakukan murid-murid (26). Karena murid-murid mengetahui, demikian pula setiap orang percaya, bahwa mereka adalah kesayangan Bapa (27). Inilah hakikat dari jaminan yang dimiliki oleh Kristen (Roma 8:38).
Meminta dalam nama Yesus sama sekali berbeda dengan menggunakan kata-kata mantra untuk mengerjakan sesuatu. Melainkan untuk menunjukkan hubungan yang dekat sebagai pribadi dengan memanggil-Nya secara khusus. Kita mendasarkan permohonan kita pada hubungan kita dengan Kristus, Juru Selamat kita, melalui salib-Nya. Dan kita mengajukan permohonan-permohonan kita karena kita mengenal-Nya dan mengesahkan serta membubuhkan nama-Nya -- supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak (Yohanes 14:13). Kemudian, apabila Bapa menjawab, Ia memberikannya "di dalam nama Yesus" (Yohanes 16:23) -- maksudnya, melalui Yesus sebagai perantara kita dan kepada Yesus sebagai Pribadi yang akan dipermuliakan; pula untuk kemuliaan Bapa, melalui segala sesuatu yang diberikan-Nya kepada kita, hamba-hamba Yesus.
Yang utama untuk memiliki kehidupan doa dan mengetahui apa yang harus kita doakan adalah meminta Yesus mengajar kita melalui firman-Nya dan Roh Kudus. Sewaktu-waktu kita diizinkan untuk mengetahui sesuatu lebih khusus daripada waktu yang lain atau masalah yang lain. 1 Yohanes 5:16 merupakan contoh dari doa yang diajarkan oleh Kristus dan dilakukan atas dorongan Roh Kudus. (Yang dimaksud dengan "dosa yang mendatangkan maut" adalah kemurtadan). Melalui kesaksian Roh Kudus di dalam kita, kita dapat memperluas apa yang kita tahu sehingga kita dapat menaikkan permohonan khusus sesuai dengan yang Tuhan inginkan kita minta dari-Nya. Dan kita dapat mengetahui pula bahwa Tuhan akan menjawab permohonan kita, meskipun kita belum melihatnya. Jika semua ini masih merupakan hal yang membingungkan Anda, bawalah masalah ini ke hadapan Tuhan pada hari ini juga.
Berdoa bagi Orang-Orang Kristen (Kolose 1:3-14)
Paulus dengan teratur berdoa bagi orang-orang Kristen, dan meminta mereka untuk berdoa baginya (Roma 1:9; 15:30; 2 Korintus 1:11; Efesus 1:16. dst.; 3:14, dst.; 6:18, dst.; Filipi 1:4-11; 1 Tesalonika 1:2; 5:25; 2 Tesalonika 3:1; 2 Timotius 1:3; Filemon 1:4, dst.; 22). Berdoa bagi sesama Kristen merupakan tanggung jawab utama. Bagian firman Tuhan ini mengajarkan kepada kita bagaimana memanjatkan doa-doa tersebut.
Paulus berdoa selaras dengan pemahamannya tentang tujuan Allah. Rumus yang digunakannya di dalam semua doanya adalah "kehendak-Mu jadilah". Setelah mendengar tentang iman orang-orang Kolose di dalam Kristus, kasih yang mereka miliki di dalam Roh Kudus bagi orang-orang Kristen lainnya, dan pengharapan yang memperkuat keduanya (4, dst., 8), ia mengetahui bahwa mereka telah masuk dalam rencana keselamatan Allah (1 Tesalonika 1:3 dst. -- di sini Paulus memaparkan soal pemilihan yang Allah lakukan berdasarkan iman, pengharapan, dan kasih). Karena itu, ia berdoa agar semua rencana Allah bagi Kristen dipenuhkan di dalam hidup mereka, dan meminta Allah untuk mengaruniakan kepada mereka empat hal, yaitu:
  1. Pengetahuan Kristen
    Pengetahuan tentang kehendak Allah: rencana, jalan-jalan, dan perintah-perintah-Nya serta diri Allah sendiri (9, dst.). Kata Yunani yang dipergunakan dalam ayat ini berarti "pengetahuan yang penuh, lengkap seperti makna dalam kata "dipenuhi". Di dalam ayat 9, kata "pengertian" berhubungan dengan prinsip-prinsip kebenaran, "hikmat" berhubungan dengan penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan. Ayat 10 menunjukkan bahwa hidup yang layak bergantung pada pengetahuan ini: Siapa tidak mengetahui kehendak Allah, tidak dapat melakukan apa yang Allah kehendaki. Pengetahuan akan Allah akan makin berkembang bila Kristen hidup sesuai dengan pengetahuan yang telah diperolehnya (10, Markus 4:24, dst.).
  2. Kehidupan Kristen
    Kehidupan yang layak di hadapan Kristus Sang Raja (13) yang telah menebus dan menyelamatkan kita (14). Dan kehidupan yang menyukakan hati Allah di segala bidang dan di segala aktivitas (10).
  3. Kesabaran Kristen
    Ketabahan yang penuh sukacita dalam menghadapi cobaan-cobaan yang berasal dari manusia dan situasi-situasi yang dihadapi Kristen. Dengan sukacita yang sungguh sekalipun kesengsaraan bertambah hebat (11). Bukan untuk perkara yang sia-sia apa yang Paulus doakan karena seluruh kekuatan, kuasa, dan kehebatan Allah diperlukan dalam menghadapi kondisi seperti ini!
  4. Ucapan syukur Kristen
    Rasa syukur kepada Allah atas kasih karunia-Nya. Ini merupakan kekuatan utama dalam kehidupan Kristen. Menurut "firman kebenaran" (5), doktrin Kristen adalah kasih karunia dan etika Kristen adalah rasa syukur dalam segala hal.
Kuasa Doa (Yakobus 5:13-18)
Kristen, kata Yakobus, harus berdoa bagi diri sendiri bilamana mereka mengalami kesulitan (13). Mengapa? Karena pada waktu berdoa, kita mengalihkan pandangan kita dari kesusahan-kesusahan yang sedang kita hadapi kepada Allah, Raja yang Maha Penyayang dan penuh belas kasihan; yang akan membebaskan hamba-hamba-Nya yang menderita (11). Jadi, doa membuat kita teguh dan kuat; memandang masalah-masalah yang bersifat sementara dengan pandangan yang mengarah pada kekekalan. Ini membuat kita memandang masalah-masalah tersebut dalam keadaan yang sebenarnya (Mazmur 7;, Roma 8:18; 2 Korintus 4:7-18).
Kristen juga harus berdoa bagi Kristen lainnya bila mereka berada dalam kesulitan (14-16). Orang-orang sakit dapat meminta pendeta berdoa bagi mereka, dan para penatua gereja harus siap untuk melakukan hal yang sama bila diminta (14). Tentu saja ini bukan merupakan kekuatan gaib untuk mendapatkan kesembuhan. Yesus menunjukkan bahwa sesungguhnya ada kesembuhan jasmani bagi kita di dalam penebusan-Nya (Matius 8:17). Sikap Tuhan tentang "duri" yang ada di dalam daging Paulus (2 Korintus 12:7-10) menunjukkan bahwa Ia tidak selalu menghendaki setiap Kristen senantiasa menikmati kesehatan yang sempurna di dalam tubuh yang sekarang ini. Bila kelak tubuh yang mulia telah diperoleh, semuanya akan berbeda! Tetapi kita harus mengerti bahwa berkat-berkat penebusan dan cara, serta waktu Allah dalam memberikan merupakan dua hal yang berbeda. Yang dianjurkan oleh Yakobus adalah berdoa dengan sungguh-sungguh bagi seluruh kebutuhan orang sakit berdasarkan prinsip bahwa penyakit selalu merupakan panggilan Allah kepada orang yang bersangkutan untuk menghasilkan kesembuhan seperti dalam kasus orang lumpuh (Markus 2:3-12). Ini jelas merupakan tindakan Allah dan membuktikan adanya pengampunan dosa (15). Kesembuhan yang terjadi ini bukan merupakan tanda bahwa minyak yang digunakan untuk mendoakan orang sakit tersebut mengandung kuasa. Melainkan untuk menunjukkan kuasa yang terkandung di dalam doa itu sendiri. Doa bagi kesejahteraan (kesembuhan) rohani satu sama lain seharusnya tidak hanya terbatas bagi orang Kristen saja (16).
Iman tidak berarti sikap-sikap kolot yang pasif sebagaimana yang dilukiskan oleh Yakobus dalam 2:14-16 (14, 18, 20), tetapi kepercayaan yang aktif (1:6), seperti yang Paulus katakan. Yakobus dan Paulus berbeda cara berpikirnya, tetapi pengajaran mereka tidak berbeda.
Jawaban doa bergantung pada:
  1. Kejujuran dalam motivasi dan hidup (16, 4:3).
  2. Kesungguhan hati dan ketekunan dalam diri si pendoa (17; 1:5-8).
  3. Keselarasan doa tersebut dengan maksud-maksud dan jalan-jalan yang Allah nyatakan.
Kisah Elia (1 Raja-raja 17:1; 18:24) dengan jelas melukiskan unsur 1 dan 2 dan secara tidak langsung berhubungan dengan yang ke-3 (Ulangan 11:13-17).
Diambil dan disunting seperlunya dari:
Judul buku : Seri Pemahaman Doktrin Alkitabiah: Manusia Baru
Judul asli buku : Understanding Bible Teaching: The New Mans
Penulis : J. I. Parker, MA, D.Phil
Penerjemah : Gabriella Koswiranagara, B.Sc.
Penerbit : Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA), Jakarta
Halaman : 46 -- 54
 

Biografi Murid2 Yesus



Dari : Berbagai Sumber

Christianity - Buat yang merasa bahwa hidupnya selalu menderita, cobalah simak biografi
keduabelas murid Jesus ini. Ternyata penderitaan kita bukan apa-apa bila
dibandingkan dengan penderitaan mereka. Percayalah bahwa Tuhan bersama
kita.

Salam dalam kasih Tuhan kita Jesus Kristus.

Kehidupan Para Rasul
Apakah Anda tahu bahwa Rasul Yohanes ketika di Roma ia pernah digoreng
hidup-hidup di dalam minyak mendidih. Apakah ia takut menghadapi ini
semua? Tidak! Ternyata tidak satupun dari para rasul yang memilih untuk
hidup senang dan tentram dengan bersedia mengingkari dan tidak mengakui
Tuhan Yesus.

Sejarah tradisi gereja banyak sekali memberikan informasi mengenai
kehidupan sampai dengan bagaimana wafatnya para rasul. Satu penulis
sejarah yang bisa dipertanggung jawabkan tulisannya berdasarkan
bukti-bukti nyata ialah Eusebius. Ia menulis buku mengenai cara
meninggalnya para Rasul di tahun 325 yang berjudul: "Rasul dan murid
dari Juruselamat telah menyebarkan dan mengkotbahkan Injil ke seluruh
dunia". Tulisan dari Eusebius telah ditelusuri dan diselidiki ulang oleh
penulis sejarah gereja kondang Mr. Schumacher untuk membuktikan akan
kebenaran dari tulisan tersebut.

1. Matius meninggal dunia, karena disiksa dan dibunuh dengan pedang
di Etiopia.

2. Markus meninggal dunia di Alexandria (Mesir), setelah badannya
diseret hidup-hidup dengan kuda melalui jalan-jalan yang penuh batu
sampai ia menemukan ajalnya.

3. Lukas mati digantung di Yunani, setelah ia berkhotbah di sana
kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

4. Yohanes direbus atau lebih tepatnya digoreng di dalam bak minyak
mendidih di Roma, tetapi karena Tuhan masih ingin memakai Yohanes lebih
jauh, maka keajaiban terjadi sehingga walaupun ia telah digoreng
hidup-hidup ia bisa hidup terus. Tetapi akhirnya ia dibuang dan
diasingkan ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara disana.
Pada saat ia berada di sana, ia mendapatkan wahyu sehingga ia bisa
menulis Kitab Wahyu. Kemudian ia dibebaskan dan akhirnya kembali dan
menjadi Uskup di Edessa (Turki). Ia adalah satu-satunya Rasul yang bisa
mencapai usia lanjut dan bisa meninggal dunia dengan tenang.

5. Petrus telah disalib dengan kepala di bawah. Kayu salib untuk
Petrus dipasangnya berbeda, ialah secara huruf X, karena itulah
permohonan yang ia ajukan sebelum ia disalib, dimana ia memohon untuk
disalib dengan cara demikian. Ia merasa tidak layak untuk mati dan
disalib seperti Tuhan Yesus.

6. Yakobus saudara tiri dari Tuhan Yesus dan pemimpin gereja di
Yerusalem, dilempar ke bawah dari puncak bubungan Bait Allah, di tempat
yang sama dimana si setan dahulu membawa Tuhan Yesus untuk digoda. Ia
meninggal dunia setelah dilempar dari tempat tinggi tersebut.

7. Yakobus anak Zebedeus adalah seorang nelayan dan ia adalah murid
pertama yang dipanggil untuk ikut Tuhan Yesus, ia dipenggal kepalanya di
Yerusalem. Pada saat-saat ia disiksapun, ia tidak pernah menyangkal
Tuhan Yesus, bahkan ia berusaha untuk berkhotbah terus, bukan hanya
kepada para tawanan lainnya saja, bahkan kepada orang yang menghukum dan
menyiksa dia dengan kejamnya. Sehingga akhirnya orang Romawi yang
menjadi penjaga dan penyiksa dia, bisa turut bertobat. Penjaga Romawi
itu mendampingi Yakobus pada saat ia dihukum penggal, bukannya sekedar
hanya untuk turut menyaksikannya saja, melainkan juga untuk turut
dihukum dan dipenggal bersama dengan Yakobus. Pada saat ia mau menjalani
hukuman mati, ia berlutut bersama di samping Yakobus, sambil berdoa, itu
adalah doanya yang terakhir, sebelum ia mati dipenggal bersama Yakobus
sebagai orang Kristen.

8. Bartolomeus yang lebih dikenal sebagai natanael ia menjadi
misionaris di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki. Ia
meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman pukulan cambuk
yang sedemikian kejamnya sehingga semua kulitnya menjadi hancur terlepas
kebeset.

9. Andreas juga disalib seperti Petrus dengan cara X di Yunani.
Sebelum ia meninggal, ia disiksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara
dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa
sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yang turut
menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yang telah diucapkan
oleh Andreas sebelum ia meninggal dunia: "Ternyata keinginan dan
cita-cita saya bisa terkabul dimana saya bisa turut merasakan "happy
hours" dengan disiksa dan disalib seperti Tuhan Yesus." Bahkan pada saat
ia disiksa pun tiada henti-hentinya ia berkhotbah terus, ia berkotbah
terus dua hari sebelum ajalnya tiba. Berkotbah sambil dihukum cambuk."

10. Rasul Thomas mati ditusuk oleh tombak di India.

11. Yudas saudaranya dari Tuhan Yesus dihukum mati dengan panah,
karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Tuhan Yesus.

12. Matias, rasul pengganti dari Yudas Iscariot mati dihukum rajam
dan akhirnya dipenggal kepalanya.

13. Rasul Paulus disiksa dengan sangat kejam dan akhirnya dipenggal
kepalanya oleh Kaiser Nero di Roma pada tahun 67. Rasul Paulus adalah
rasul yang paling lama mengalami masa siksaan dipenjara. Kebanyakan
surat-surat dari Rasul Paulus dibuat dan dikirim dari pernjara.

14. Disamping kisah para rasul yang ditulis oleh ahli sejarah
Eusebius, ia juga menceritakan tentang seorang penginjil yang matanya
dibakar sampai buta dengan catatan bahwa kalau ia buta, maka ia tidak
akan bisa membaca Alkitab lagi dengan mana ia tidak akan bisa
mengabarkan Injil lagi. Tetapi kenyataannya ia tetap mengambarkan Injil
berdasarkan ayat-ayat yang telah dipelajari dan diingat sebelumnya.

(Dikumpulkan dari Berbagai Sumber)

"Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan". Roma 12:11

Sumber: http://funkyforum.org/viewtopic.php?p=578#578
 

Sejarah Parjong-jong HKBP Bagan-batu Kota

Ressort Bagan Batu Distrik XXII Riau.Jln  Gereja/Fierre Tandean Bagan Batu Riau

I   . Patujplo
II  .Latar belakang  ide parjong  ni gareja
III .Goar2 ni parhalado/Ruas naparjolo
IV .Taon siingoton
V  . Inventaris / unit Usaha
VI .Penutup
Patujolo
     Tapujima Tuhanta Pardenggan basa, Parasiroha na sumurungi na tong ma ngiring -  iring  mangaramoti huriaNa
sian narobi sahat tu tingkion.Marragam do sibonsiri / latar belakang parjong-jong ni Huria disada sada luat/ inganan isara ni letak  Geografis manang jarak tempuh ni ruas ni huria i,adong do i ala ni jumlah ni ruas naung lam mar - tamba - tamba, jala adong do i alani angka keadaan /masalah ,naboi terjadi di tonga2 ni huria dan.Ala saluhutnai marhite2 bimbingan ni Tondi ni Debata ,na Pasti do i tau tu hasangapon ni Debata Pardenggan basa nampuna Huriai.Lapatanna tung soboi do anggo holan roha roha ni joma sambaing nalaho pajong jong Bagas joro ni Debata,alani ido umbaen na ta ongkui sude do huria /Gareja Bagas joro ni Debata , nabadia.ala ni i Tung mansai arga situtudo Sejarah di tonga-  tonga ni huria songon bukti Panindangion :
·         Panguluhonon ni Debata disude Panggulmit ni ngolu ni Huriai rap dohot ruasna.
·         Panjamothonon ni Debata sian sude ragam ni gangguan naro sian Bagasan dohot  sian duru Huria
·         Jaminan ni Pasu2 ni Debata di huria i dohot ruasna boi  hot gabe ruas ni huriai,mangolu huhut marpambahenan dalan pahembangkon parngoluon na lam tu dengganna
·         Dan
       Molo saluhutnai gabe sitindangi di pardalanan ni Huriai,tung mansai ringkot do molo gabe bagian ni sejarah
nauli on hita ,alana hita do surat ni Kristus ,Sejarah naung di surathonNa nagabe sejarah ni HKBP Bagan Batu Kota Ressort Bagan Batuon,ima na marharoroan/ bersumber Sian : Barita masa ni Huria:Pesan naso tarsurat:pengala
man langsung ni nara sumber  sian Parhalado / Ruas ni hurianta.  Alani i atik tung adong angka hahurangan di penulisan Ari Tanggal bulan dohot Taon Goar ,gelar dan alai dohonon nami ma. On ma naummampit diangka naung di konfirmasi tu Pelaku sejarah di huriaon ,asa tahamauliatehon ma i.
      Ia sejarah ni HKBP Bagan Batu Kota Ressort Bagan Batu Songononma :
LATAR BELAKANG / SIBONSIRI:
        Ia Bagan Batuon di mulana sada huta /desa nametmet dopeon,alai nga torop halak batak na mar agamaKristen ro tu Bagan Batu,nangpei holan lintas alani angka usaha isarani angka partiga tiga nang angka parkarejo di pembukaan perkebunan kelapa sawit negar.dimulanai Bagan Batuon mamereng letak geografisna songon daerah parjolo nagabe boi tempat persinggahan jala transit diantara dua Propinsi  tung mansai denggan gabe parhutaan.Alani ima dung piga2 halak naung tinggal di Bagan Batu sekitarna on gabe marhuta tung mansai porluma Huria gabe sada wadah pemersatu di halak Batak na mar ugamo Kristen ,jala di pungka ma Partangiangan torus tu napajongjong Gareja ,jala Gareja naparjolo di Bagan Batu ima HKBP Batu Parasian Nuaeng,Batu Manumpak goar na na pajolo i,dung lam torop jala marserak di sekeliling Bagan Batu di bangun ma muse HKBP Batu mamak,alai di taon 1986 di bulan Februari disangkapima adong muse gareja di Bagan Batu dohot alasan :
·         Ala Bagan Batuon masuk  daerah Riau  jala  asa Pamurahon  Pelayanan sian Distrik  Sumbar Tapsel Riau Perkembangan ruas na hatop namartamba tamba di  Bagan Batu  
·         Kesepahaman na hurang di angka parhalado taringot di angka pelayanan di HKBP Batumamak
·         Faktor2 na asing
         Marhite hite pemahamanon ma Amanta St HY Manurung dohot ST M Sirait nahinan papunguhon angka ruas ni Huria na sa pemahaman di hatihai manangkapi  mamungka sada Huria naimbaru ,ima na ginoranna :
·         HKBP Bagan Batu Kota ala menurut amanta ST HY Manurung nahinan hatop do Bagan Batuon gabe kota jala ima tangiangta tu Tuhanta asa Kota namaju Bagan Batuon atikpe huta na baru muncul dope ima
tumpakta tu Riau on asa lam semangat hita tinggal jala membangun Riau  marhite hite masyarakat na Huria ninna jala laos di setujui Parrapot,
·         Di daftarhon ma Huriai tu HKBP Resort  Simpang Padang Duri
·         Dimulaima Partangiangan di bagasni Amanta ST HY manurung nahinan
·         Uluan ni Huria manang digoari Forganger ima amanta St M Sirait nahinan
·         Bendahara Huria Amanta St HY manurung
       Alaiholan Dua halak hian dope naung sintua na mamungka Huria naimbarui,di parsitutuon dohot di semangat kebersamaan nasida di pajongjongma Gareja dung jumolo di tuhor partapakan ni Pargarejaan namarharoroan sian :
swadaya ruas ukuran 61 meter X 62 meter dohot Wakap ni Huria  namar ukuran 100 m X 100 M,na beralamat  bekas Perkebunan Karet PRPTE Bagan Batu di patupa .pembangunan gereja  i marhite hite Gotong royong  ruas ni Huria di bulan Juni taon 1987 jala mulai di ingani marhite parmingguon Parjolo di bagas Gareja naimbaru di pertengan bulan Juli 1987
                       Goar goar ni Keluarga Ruas ni Huria naparjolo

           Sian syarat gabe Huria ,HKBP Bagan Batu kota langsung do gabe sada Huria nagok atikpe perangkat Parhalado dohot angka Perangkat Pelengkap na asing  tung humurang situtu  do ,dung jumolo mardalan parhuriaon i, sian parmingguon di jabu dope ima di Bagas ni amanta St Hy Manurung  /inang Astra Br Sirait di jalan lintas riau Sumut di samping jonok  tu - Kantor Koramil si nuaeng.
            Sian Pardalanan ni Huria hombar tu sinta sinta pengembanganna manigor di Pillit  Resort HKBP Simpang Padang
Duri do HKBP Bagan Batu Kota gabe Per wakilan Pelayanan di Ressort  Simpang Padang Duri  dung jumolo di  pamanat hinaporlu ni strategi peningkatan Pelayanan tarlumobi di Kabupaten Bengkalis sebelah Utara  jala di goarima i Rayonisasi , hombar tu Keadaan ala dang adong dope jabu Huria di Bagaan Batu, Pendeta Rayon Dua namencakup Bangko dohot
Bagan Sinembah manang Kecamatan kubu namansai bidang ,Mengontrak Jabu majolo Huria marhite hite huria Parsaoran nauli KM 37 Balam ima di taon 1989 jala  hira sataon pindah ma Pandita tu Jabu kontrakan ni Huria  HKBP Bagan Batu kota di lancang kuning taon 1990,jala di awal taon 1991 di bangun ma jabu Huria di kompleks Garejaon jala  laos di ingani pandita di bagasan ditaon i, ima amanta Pendeta lawinner hutagaol STh inang Br simanjuntak.
         Di lasni roha ni Pamernta Kabupaten Bengkalis dohot Pemda Kecamatan Kubu,di naro AMD patupa pembangunan tu Kecamatan Kubu,HKBP Bagan Batu Kota masuk sasaran dua jala disima gareja naparjolo  di Renovasi di taon 1990 marhite bantuan ni Pemda kabupaten Bengkalis.tung pasupasu doi di hatindangkon hurianta ima sekaligus songon pengakuan ni pamarentah RI di hajonjongan ni Hurianta atikpe Pengakuan Tertulis dang adong,alai sada isyarat doi paboa  Legal / resmido Parjongjong ni HKBP Bagan Batu Kota songon Institusi Gereja na
di Jamin Hukum dohot Undang undang NKRI.mansai denggan do Parsaoran di tonga  tonga ni masyarakat / Lingkungan di hatihai,dohot hubungan antar umat ber agama, tung mansai las do roha  di parsaoran dohot komunikasi di angka tokoh masyarakat,atik pe sahalak Muslim amanta Haji Marpaung, alai dohot do nasida manumpahi Renovasi bagunan Gereja na ni uluhon ni AMD,manaruhon serapan isara Teh manis,Kopi dohot sigaret tu angka namar tungkang.
          Marnida  Perkembangan ni huria tu panghobasion na ummampit di patupama pamilliton calon Sintua atik pe nian naung tamba sintu marhite hite ruas natamba naung Sintua Hian ima: St   Warubu  nahinan dohot sintua  Manalu Pindah,jala Calon Sintua natarpillit ima : Cst J Nababan, Cst Kalmen Sitanggang: Cst  M Sigalingging : Cst  R Haloho.ima di bulan Juli taon 1991,jala di tabalhon ma Gabe Sintua di ari Minggu 13 Desember 1992 ima :
 St  Jonson Nababan / Hesty  Br Hutajulu, St Kalmen Sitanggang / Tioni  Br Situmorang:
St  M Sigalingging / Br Naibaho : St  R Haloho / Br sitanggang  marhite amanta Pendeta Lawinner Hutagaol STh
         Di taon 1993 di patupa ma muse renovasi manambai balga ni gareja i ala nungnga martamba tamba angka ruas, alaidung dengan mardalan renovasi i,headao adong usaha ni halak lao manutung Garejai tarida do i di buntalan ni goni panutungan na di asbesni Gareja di ginjang ni langgatan Parjamita an i,alai asi do roha ni Tuhan dang saut matutung Garejai.
            Di taon 1994 di bulan April di totophon ma HKBP Bagan Batu Gabe Pusat  Persiapan Resort na ni uluhon ni
Pdt  Martongo Sitinjak STh,marhite2 Sk natinandanganan ni Ompui Ephorus Pdt Dr SAE Nababan,ala mansai sobu do na masa dihatia I ima hagaoron di hatopan ni HKBP .jala di ari Minggu 19 November,taon 1995 di totophonma  HKBP gabe Sabungan ni HKBP Ressort Bagan Batu Distrik I Tapsel Sumbear Riau,jala  Pandita Lawinner Hutagaol STh ma na nagabe Pandita Resort. HKBP  Resort Bagan Batu ima sada Ressort na tubu di tonga-tonga ni Krisis HKBP na tinotophon  ni Ompui Ephprus HKBP Pdt Dr SAE Nababan LLD,jala Laos Ompui do manguluhon parmingguon  di hatiha Persmian Ressorti,jala Pendeta Wasington Simanjuntak Praeses Distrik I ma  na Paragenda Manang  Liturgis.
Susunan Pengurus Huria andorang dohot dung Resort : mulai mamukka Huria/andorang so Ressort
 Porganger                                 : St M Sirait
Bendahara                                 : St HY Manurung
Sintua                                         : St Waruwu ( + )
Sintua                                         : St    Manalu Pindah
Mulai  Pertambahan Sintua I


Porganger                                   : St Hy Manurung
Bendahara      Huria                  : St Jonson Nababan
                         Pembangunan  : St Kalmen Sitanggang
Parartaon                                    : St M Sirait
Dewan Sikkola mInggu             : St M Galingging
 Dewan Naposo Bulung            : St R Haloho
Dewan  Ina                                  : St Jonson Nababan
Bestur Ressort                            : St HY manurung
Sekben / Utusan S Godang      : St Jonson Nababan


)
          Ala tung mansai ringkot do peningkatan ni Pelayanan marmereng tu perkembangan ni Huria naung lam tu ulina,atik tung mansai Posi do namasa di hatihai di HKBP jala borhat do dua halak sintuanta maninggalhon huriaon rap dohot ruas ni huria ( “  sai unang be heai masa si songoni adopan ni Huria  tu joloanon “ )Di taon 1996 sian semangat ni ruas ni huria di pillitma muse Calon Sintua Ima : cst Drs Tafaiqi Sarumah : cst Musahar Nababan: Cst Osdin Butarbutar Spd: cst M manurung (+ ): cst W Simarmata alani di jou ma amanta ST Abidin Lumbanraja Op Rinaldo / Op Rinaldo Br Rumapea sahalak ruas ni Huria  naung Sintua natamba gabe parhalado marhite sian Panjouon marhite hite rapot Parhalado,taon 1997. Jala laos di mamungka taon 1997 , parsidohotma nasida gabe parhalado di HKBP Bagan Batu Kota , jala di taon 1997 do di bangun muse rumah dinas pelayan 2 pintu.
        Alai di taon 1998 masa ma  Mutasi pergantian ni Pandita Ressort ,Masuk ma Pdt AR Pasaribu manggantihon amang : Pdt Lawinner Hutagaon STh  pindah tu HKBP  Tanjung Seri Tebing Tinggi.Dung  lobi dua taon Cln sintua i Learning di tabalhon ma nasida di ari minggu Tanggal 25 Desember taon 1999 tinabalhonni Pdt AR Pasaribu STh.
ima : St Drs Tafaiqi Sarumah / Erni Br Sinaga : St Musahar Nababan /    Br Lumban Toruan: St Osdin Butarbutar spd /  Polridewen Br Panjaitan St M manurung (+ ) / Inang Mia  Br Sipahutar : St W Simarmata / inang Endang Br Nainggolan.                
         Di Pelayanan namansai denggan dohot semangat Kebersamaan di hasetiaon Mar Tuhan dohot Mar Huria,di sosoi jala di uluhon Pdt AR Pasaribuma Pembangunan Gereja Baru,songon tindaklanjut ni Pembangunan Naung di Programhon  Pandita naginantina ima marhite hite namanotophon Panitia Pembangunan naginoran Panitia Pembangunan Gereja Permanen di taon 2000.
Susunan  Paniti Pembangunan Gereja Permanen HKBP Bagan Batu Kota Ressort Bagan Batu
Distrik I Tapael Sumbar Riau Nuaeng Distrik XXII riau.
  Paniroi         :  Pandita Ressort : Pdt AR  Pasaribu Sth
                        : Guru Huria  : St HY Manurung
                        : St M Sirait.- St J Nababan  -St O Butar butar - St T Sarumaha
                           Sude calon Sintua
Ketua                                    : L Manik       Op Asima / Op Zepannya Manik
Wakil Ketua                         : Tunggul P Nababan ( + )   Amani Hamzah Nababan
                                              :  Selamat Siburian Ama Yohana Siburian
Sekretaris I                          : Binter Sirait         A.Henri Sirait
Sekretaris II                          : R Batubara         A.Nova Batubara
Bendahara                           : St Kalmen  Sitanggang
Pengawas                            : St Abidin Lumban Raja
                                              : St M Nababan
Seksi seksi                           :
      Peletakan Batu pertama  Gereja na imbaru : ima di ari   Senin 10 April  taon  2000 ni uluhon ni
Pdt AR Pasaribu STh,ni dohotan ni : -      sude ruas ni Huria, Bestur/ parhalado sa Ressort Bagan Batu.
 Kepala Desa Bangan Batu : Donal Frans Tambunan/ Perangkatna.
      Di patupado Pergantian ni pengurus  ni Huria dung marujung ngolu ni amanta St Hy manurung songon Guru huria ni Huria HKBP Bagan Batu Kota,ima : di ari sabtu  04 Agustus  taon 2001 ima marhite namengangkat amanta St Jonson  Nababan songon Bendahara Huria  gabe  menjabat Guru Huria/ Porganger  Jala Habendaharaon di pasahat ma tu amanta St Abidin Lumbanraja  marhite rapot Parhalado .Dalan mandopang Panghobasion na dumasip di Huria on di patupa ma ma di  tgl 14 04 taon  2002 Pamiliton ni sintua Ima : Cst  Lasrim Sitohang : Cst Mangembang Parapat :cst Novita Nurmala Br Simanjuntak  : cst Robinson Sinaga,cln St Oma Opin Br Sianturi.
       Mamereng  Perkembangan Kota Bagan Batu dohot Situasi ni godang ruas Partiga tiga,ala di ari minggu masa onan,di tolopi parrapotma di rapot Huria asa di patupa parmingguon dua hali ima Minggu siang masuk jam 10,jala minggu malam masuk jam 19.30 na di mulai di bulan februari 2003.dengggan do mar dalan Parmingguon Bodari sahat tu sadarion.
        Jala sian  asi niroha ni Debata  di ari Minggu tgl 14 03 taon 2004 di tabalhon nasida  gabe sintua dung dimasuki Gareja naimbaru di Minggu 15 Deaember 2001 ima :  St Lasrim Sitohang / Mesirani Br Naibaho: St Mangembang Parapat / Br Hutauruk dohot st Npvita NurNurmala Br Simanjuntak / Japilin Raja gukguk alai anggo : inang Opin Br sianturi cst Robinson Sinaga /  Dormauli Br Simarmata  dang dohot di tabalhon jala marujung songon calon Sintua .
Hombar Tu AP ni HKBP di ujung ni taon 2004 mengundurhon diri  ma amanta  St Jonson Nababan si Jawatan Guru Huria  ima marhite Surat Pengunduran diri di tgl 31 Desember 2001 asa   di 01 Januari di Pemberlakuan secara  Efektif AP HKBP  2002 – 2012 dengagan mardalan, ia nagabe  Uluan ni Huria ima Pandita Ressort laos di Patupa ma disi : Restrukturisasi Pengurus  Huria Hombar tu AP  HKBP na imbaru:
Sonongonma  susunan Kepengurusanna:
Uluan Huria                          : Pdt A R pasaribu STh
Sekretaris                              : Bibelvrowou Mona Sianturi
Bendahara Huria                  : St Abidin Lumban Raja
Bendahara Pembangunan : St Kalmen Sitanggang
Dewan Parartaon                 :
Ketua                                      :  St Jonson Nababan         
Anggota                                  :  St M Manurung      
                                                 : Cln St R Sinaga      
                                                  : St M parapa


Dewan Koinonia                    :
Ketua                                        : St O Butar butar           
Anggota                                   :  Ny Ginting br Panjaitan   
                                                  : Dina br Tampubolon        
                                                  :  Poltak samosir
                                                  :  Juara Hutajulu Op milton
                                                  :  B Silitonga
                                                  :  St M Manurung
                                                  : Cln St R Sinaga
Seksi Sekolah Minggu          :
Ketua                                      : Ny M Ginting Br Panjaitan
Sekretaris                               : Respina br Siringoringo
Bendahara                             : Raya Br Nababan
Seksi Remaja                         :
Ketua                                      : Dina Br Tampubolon
Sekretaris                               : Bonar sitinjak
Bendahara                             : Hanna Nababan
Seksi NHKBP                          :
Ketua                                      : Poltak Samosir
Sekretaris                               : Marida Sitanggang
Bendahara                             : Mariana Br Panjaitan
Seksi Ama                            
 : Ketua                                      : B Silitonga
Sekretaris                               : A Frans manurung
Bendahara                             : Buala Lawolo
Seksi Ina                                 :
Ketua                                      : Op Milton Br Tampubolon
Sekretaris                               : Oma Raya Br Tambunan
Bendahara                             : Diak S Br Sianturi

                            III . Dewan Marturia = Bersaksi
 Ketua                                        St L Sitohang
                                                   St M Nababan
                                                   A Joshua Purba
                                                   A Andar Togatorop
                                                   St J Simanungkalit
                                                   St Kalmen Sitanggang
Seksi Musik                             :
Ketua                                         A Andar Togatorop
Sekretaris                                 A Angel Silalahi
Bendahara                               A joshua purba
Anggota                                    A Raya Nababan
                                                   St Ater  Nababan
                                                   St  M Nababan
                                                   St M Nababan
                                                   Mario Si ringo-ringo


Seksi Zending



Ketua                                      : St J Simanungkalit
Sekretaris                              : A Agus Naibaho
Bendahara                            : H Br Simbolon
Anggota                                   A Lestar Sinaga
                                                  A Huta Lubis
                                                  Cln St Robinson Sinaga
                                                  Marida sitanggang
Op Dandi Raja gukguk
A Jaya Manik
A Marisi Sitinjak
A Moan Tamba
Inang Pesta Br Sinaga
A Frans
Dewan Diakoni     = Melayani


Ketua                                : St N Boru Simanjuntak   
Anggota                            : Diakones s Br Sianturi
                                              Ny Pakpahan Br Tampubolon
                                              A Cindri Sinambela
                                              A Yohana Siburian
                                               Ny Silalahi Br Nahulae
                                               Op Desi Samosir
                                                Ny Pasaribu Br Girsang
Seksi Sosial
Ketua                      : Diakones S Br Sianturi
Sekretaris              : Ny R Hutajulu R Br Tambunan
Bendahara             : Ny A Cinridi Sinambela Br Togatorop
Anggota                 : N  Sonta siburian Br Togatorop
                                : N Nova Batubara Br Hutahaean
                                : N Mondang Sihpmbing Br Sigalingging
                                : N Siska silalahi Br Sinaga
                                : Op nisi Milton Siahaan Br Tampubolon
                                : N Roy Sinaga Br Nababan
                                : N Moan Tamba Br Gombing
                                : N Hamzah nababn Br Matondang
                                 : Mariana Br Panjaitan
Seksi  Kesehatan    :
Ketua                         : Ny pakpahan Br Tampubolon
Sekretaris                 :  Ny Siburian  Br Regar
Bendahara                : Ny St o butarbutar P br Panjaitan
Anggota                    :  N Daniel pasaribu Br Girsang
                                   :  N Joy Lbn Toruan Br saragih
                                   :  Ny Siahaan Br Marpaung
                                   :  Ny Sitanggang Br pardede
                                   : Mariana Br panjaitan
Seksi Pendidikan     :
Ketua                         : A Cindri Sinambela
Sekretaris                 : Miss Angel Br marpaung
Bendahara                : J Siahaan
Anggota                     : St O Butarbutar
                                    : Ny M Ginting Br panjaitan
                                    : Ny panjaitan Br marpaung
                                    : N Raya Nababan Br tambunan
                                    : N Endang Simarmata br Nainggolan
Seksi Kemasyarakatan :
Ketua                                : Selamat siburian
Sekretaris                         : A Om Nababan
Bendahara                       : A Togap Sinaga
Anggota                           : Op Desi samosir
                                          : A Nora Sinaga
                                          : Op Aty hutajulu
                                          : B Silitonga
                                          : Poltak Samosir
                                          : Op  Sarah simarmata
                                          : A Lestari Siregar
                                          : Henri Sirait

Bestur Resort                        : St O Butar butar
                                                : St L Sitohang
Teknisi                                    :
 Ketua                                     :  St M Manurung
Angaka Taon siingoton
Parmingguon Naparjolo                                    :  Februari 1987 di bagas ni St HY Manurung jln  lintas Riau Sumut
Hatutubu ni HKBP Bagan Batu Kota                : Juli  Taon 1987   
Pembangunan Gereja naparjolo                      : 1987
Parmingguon Naparjolo di Gareja                   :  1987                                                        : 
Pandidion Nabadia Naparjolo                          : Juli 1987
Manghatindangkon haporseaon Naparjolo  :
Pamasumasuaon Sintua Naparjolo                 : Minggu Tgl 13 Desember 1992
Pembangunan Jabu Huria I                               : 1991
                                               II                             : 1997
Pandita naparjplo                                              : Pdt Lawinner Hutagaol STh /  Br simanjuntak
Peresmian Persiapan Ressort                          :  April 1994 : Pdt martongo sitinjak STh
Peresmian Ressort                                             : Minggu 14 November 1995 : Pdt Dr SAE nababan LLD
Pembangunan Gereja Permanen                    : 2000 -
Inventaris
Partanoon  ni Huria  SKGR Desa Reg  No :25 – BBT / 99 tertanggal 19 Juni 1999
Terletak di RT 04 RW 03 Dusun Bahagia Desa Bagan Batu nuaeng Kelurahan Bagan batu.kec  
               Bagan Sinembah.Kab Rohil
Keterangan Pertapakan  : Rumah Ibadah
Luas : 3972 M
                Angka Pangula Nagok naung mangula di HKBP Bagan Batu Kota
Mazmur  126 : 3
TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.
Godang ma tongon na binahen ni Jahowa tu hita, jadi marhilas ni roha ma hita.
      Songonima Sejarah Par jongjong ni Gereja HKBP bagan batu Kota on husurathon Hami,tutu mansai godang dope angka namasa na so hu gurithon hami di son alai pos do rohanami di hita na maklum do hita atikpe adong dope angka nahurang.Marsangap ma Tuhantai mar hite HuriaNa .Horasma di hita sude Syalom
                                                                                                                                                          HKBP Bagan Batu Kota Juli 2012
                                                           Panurat                                                               Team Panurat

                                             St Jonson Nababan                                                  Marulitua sitanggang

Ditolopi :
                                 Uluan Huria                                                                                   Sekretaris Huria

                            Pdt H Simamora                                                                                 Gr R Bancin
Sintua

St K Sitanggang   St L sitohang  St O Butarbutar   St Drs T Sarumaha   St N Br Simanjuntak   St M Nababan  St M Parapat

Bentuk Acara: Pesta Ulang Tahun Ke 25 HKBP Bagan Batu Minggu 15 07 2012

Thema         : Hamu do Surat ni Kristus I .2 korintus 3 : 3a

Sub Thema : Marhite Ulang taon na pa 25 taonhon HKBP Bagan Batu kota naengma lam tu torasna haporseaon,  Panindangionta tu Yesus Kristus Tuhantai.
I  .Kebaktian                                        : ibadah Bersama mulai sikkola Minggu /Dewsa /Minggu Siang
                                                              : Pembacaan Sejarah  parjongjong ni Huria
II  .Acara  Ulang Tahun
 Peniupan Lilin / Pemotongan Kue Ulang tahun di ikuti 25 Orang Ulang Tahun   :


1.       Uluan / Keluarga
2.       Guru Huria/Keluarga
3.       Sintua  8 halak/Keluarga
4.       Ama
5.       Ina  :  Kamis   
6.       Ina   : Sion
7.       Remaja                -  Mewakili laki laki
8.                                     - Mewakili perempuan      
9.       Naposo Bulung  - Mewakili laki laki
10.                                 - Mewakili perempuan
11.   Sikkola Minggu   -  Mewakili laki laki
12.                                     Mewakili perempuan
13.   Panitia Pembangunan
14.   CUMA
15.   Song Leaders
16.   Keluarga uluan Naparjolo : Op Bintang
17.   Mewakili  Ruas Ama naparjolo
18.   Mewakili Ruas Ina Naparjolo



Peniupan lilin Ulang Tahun : Setelah Berdoa yang di Pimpin : Gr huria R bancin
Pemotongan Kue ulang Tahun Oleh                                            : Uluan Huria Pdt R Simamora sekaligus
 Pemberian  Kue Kepada Sintua Parhalado Tertua                    : St K Sitanggang di lanjutkan  Yg dilanjukkan Kpd  Parhaldo / keluarga secara berurutan .serta saling member kue di masingmasik seksi sampai selesai 25  peserta peniupan lilin ulang tahun  atau di bagikan kepadajemaat yg hadir  di iringi lagu2 Ulang Tahun   oleh song leader s NHKBP ( di atur sedemikian rupa )
Makan Bersama
Hiburan                                             :  -      Sikkola minggu
-          Remaja Naposo bulung
Parjambaran

Ulu              : Uluan  :  Pendeta ; Guru huria
Osang         : Sintua
Upa suhut  : Jambar nagok : di sesuakan dengan Pesrta peniupan lilin Uluan / Keluarga
1.       Uluan , Guru Huria
2.       Sintua
3.       Ama
4.       Ina  :  Kamis   
5.       Ina   : Sion
6.       Remaja                -  Mewakili laki laki
7.                                     - Mewakili perempuan      
8.       Naposo Bulung   - Mewakili laki laki
9.                                     - Mewakili perempuan
10.   Sikkola Minggu   -  Mewakili laki laki
11.                                 -  Mewakili perempuan
12.   Panitia Pembangunan
13.   CUMA
14.   Song Leaders
15.   Keluarga uluan Naparjolo : Op Bintang
16.   Mewakili  Ruas Ama naparjolo
17.   Mewakili Ruas Inanaparjolo
           
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. nababanblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger